Dahsyatnya Evaluasi Diri Seorang Muslim

559 views

Judul: Dahsyatnya evaluasi Diri Seorang Muslim | Penulis: D.A. Pakih Sati, Lc. | Penerbit: Ziyad Visi Media | Terbit: Februari 2012 | Bahasa: Indonesi Halaman: 112 Halaman | Harga: Rp. 35.000 | ISBN: 978-602-9298-29-1

 

Buku Dahsyatnya “Evaluasi Diri Seorang Muslim” adalah buku karya D.A. Pakih Sati, Lc. Seorang penlis Buku-buku Islam, Penerjemah naskah-naskah Bahasa Arab, kolomnis Dosen & Mahasiswa, serta Ghost Writer, yang diterbitkan Oleh Ziyad Visi Media pada Februari 2012. Buku ini dilengkapi dengan sedikit gambar-gambar untuk memperjelas pembaca dan menggunakan kalimat yang sigkat, menarik namun mudah dimengerti oleh pembaca. Buku ini juga tidak terlalu tebal namun sudah mencakup materi-materi maslah Evaluasi seorang muslim.

Selain itu buku “Dahsyatnya Evaluasi Diri Seorang Muslim” ini juga di lengkapi dengan banyak nya hadits-hadits rasulullah SAW dan firman-firman Allah dalam Al-Qur’an untuk meyakinkan para pembaca mengenai isi dari buku tersebut. Buku ini di susun sedemikian rupa dan di lengkapi dengan table Evaluasi Harian sehingga mudah di menegerti oleh para pmbaca.

Pengarang juga membuat karangan ini sehingga seakan-akan kita akan selalu sadar setiap kali membaca buku evaluasi ini dan berniat untuk menyadari kesalahannya dan ingin bertaubat dengan melakukan hal-hal evaluasi diri yang di terangkan dalam buku ini, tidak hanya itu, buku ia juga di buat agar para pembaca dapat menyadari kesalahan-kesalahan nya, baik kesalahan kecil maupun kesalaha besar yang telah di perbuat nya dengan harapan para pembaca dapat mengerti dan mau melakukan perubahan-perubahan dengan sungguh-sungguh dan dengan keseriusan hati yang sangat dalam serta tidak mengulangi lagi kesalahan lama yang pernah di buat nya selama ia hidup.

Selain itu si pengarang juga memasukkan firman-firman Allah ke dalam buku tersebut dan hadits-hadits rasul dengan maksud agar pembaca yakin dan tertarik untuk mau melakukan perubahan yang dilandasi dengan kesadaran masing-masing sebagai seorang muslim sejati meskipun awalnya karena ingin mendapat manfaat nya sesuai yang di firmankan allah dan di sabdakan rasulullah SAW, sehingga buku ini dapat sangat berguna untuk memantu anak remaja sekarang yang perilaku nya sudah terlewat batas. Pengarang juga berpesan agar para pembaca dapat menyadari kesalahannya dan mau sadar dengan berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Namum di samping kelebihan-kelebihan yang ada di dalam buku ini seperti yag di biarakan di atas, namun ada juga kelemahan-kelemahan buku ini yang dapat menjadi pelajaran untuk parapengarang buku lainnya. Kelemahan-kelemahan buku ini antara lain adaah kertasnya yang tipis sehingga mudah sobek dan mudah lepas dari sampul nya. Dan harga nya juga sedikit mahal yaitu Rp.35.000,00 yang terdri hanya 112 halaman. Meskipun buku ini sudah mencakupi materi-materi evaluasi diri seorang muslim, namun buku ini tidak menjelaskannya secara detail dan lebih mendalam. Tidak adanya tulisan-tulisan ayat Al-Qur’an  atau hadits-hadits rasulullah menjadikan buku ini juga kurang menarik sebagai buku yang termasuk dalam buku-buku islam Karena buku ini hanya di lengkapi dengan artinya saja, idak dilengkapi dengan ayat Al-Qur’an dan tulisan Hadits nya sebagai penjelas nya.

Buku ini menjelaskan tentang dahsyatya evaluasi diri seorang muslim dalam kehidupan sehari-hari nya dan mengajak para pembaca agar dapat mengevaluasi drinya, sebagai bekal untuk kehidupan di dunia dan di akhirat kelak. Anda bisa membaca buku ini dan mengambil manfaat yang ada didalamnya. Dengan nikmat kesempatan anda bisa duduk dengan santai sambil mengambil hikmah dan pelajaran didalamnya tanpa diselingi dengan kesibukan lainnya. Karena dalam sehari, seorang manusia memiliki waktu 24 jam. Begitu juga hal nya dengan anda, tidak ada seorangpun yang memiliki kelebihan waktu atau mendaptkan yang kurang, walaupun begitu, tingkatan manusia dalam amalannya tetap berbeda-beda. Ada yang mengisi hari-harinya dengan kebaikan dan ada yang mengisi harinya dengan keburukan, dan ada juga yang tidak mengisi harinya dengan apapun.

Oleh karena itu anda harus menyediakan waktu dalam sehari untuk mengevaluasi diri, ketika anda menyendiri dan menghitung kesalahan-kesalahan yang pernah anda lakukan pada hari ini. Kemudian, beusahalah untuk menggapai kehidupan dan amalan yang lebih baik dari esok hari nya. Dan ingat lah bahwa Allah tidak akan tidur untuk mngawasi setiap perbuatan yang anda lakukan dimanapun dan kapanpun tanpa ada satu orang pun yang mampu membatasi nya dan tidak ada satu orang pun yang dapat bersembunyi dari pengawasan-Nya.

Buku ini juga mnejelaskan mengenai jenis-jenis evaluasi diri yang di rangkum dengan kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti. Jenis-jenis evaluasi diri yang dibahas dalam buku ini contohya adalah: shalat shubuh, berzikir di masjid hingga syuruk, memulai hari dan mengisinya dengan membaca Al-Qur’an, menegrjakan shalat dhuha di pagi hari, mengerjakan shalat lima waktu di masjid, khusyuk dalam mengerjakan shalat, menghafal dan mengamalkan zikir setelah shalat fardhu, mengerjakan shalat sunah rawatib, mensykuri nikmat Allah pada hari ini, menjaga lisan, memakan makanan yang halal, bersedekah, menunaikan hak saudara sesama muslim, mendoakan keluarga dan kaum muslimin, menghadiri majelis ilmu dan menambah pengetahuan, menjalankan sunah nabi dalam kehidupan sehari-hari, menjaga puasa senin kamis, tidak melakukan perbuatan syirik, tidak menyakiti hati orang tua, tidak mengucapkan dusta yang meluncur dari bibir, tidak berburuk sangka kepada muslimin lainnya pada hari ini, melakukan tajassus pada hari ini, tidak bersikap riya’, tolong menolong dalam kebaikan, membayar hutang yang belum terbayar, menunaikan semua janji kepada orang lain, tidak dengki kepada kenikmatan yag didapatkan orang lain, tidak bersikap kasar kepada orang lain, mengerjakan dan menjaga shalat malam dan shalat witir, dan banyak lagi hinga berjumlah 35 pembahasan. [Ahmad Khoirul Anam, Santri Pesantere media, jenjang Kelas 1 SMA]

Catatan: sebagai tugas menulis resensi di Kelas Menulis Kreatif, Pesantren Media

Komentar Instruktur:

Sebagai penulis pemula, Khoirul Anam sudah menyuguhkan tulisan yang informatif. Meski masih harus terus melakukan perbaikan, terutama pada perbaikan di “kalimat dan paragraf raksasa”. Terlalu capek membacanya. Penulisan ejaan juga masih perlu diperbaiki. Insya Allah ke depannya, lebih bagus lagi dan teruslah menulis! [O. Solihin]

buku muslim resensi

Penulis: 
author
Pesantren MEDIA [Menyongsong Masa Depan Peradaban Islam Terdepan Melalui Media] Jl. Seruni E-3, Laladon Permai, Ciomas BOGOR 16610. Telp: (0251) 8630166 Email: info@pesantrenmedia.com | Twitter @PesantrenMEDIA

Posting Terkait