Curug Luhur Itu…

533 views

Air terjun Curug Luhur

Tepat hari jumat, 5 oktober 2012 santri pesantren media pergi berekreasi ke curug luhur yang terletak di kaki gunung salak (Bogor).

Jam 06:30 sebelum berangkat menuju kaki gunung salak, santri pesantren media sarapan untuk mengisi energi yang sangat di butuh kan tubuh agar tidak terjadi insiden kelaparan ketika melakukan perjalanan menuju curug luhur. Setelah makan uasadz umar memberi intruksi sekaligus Pagi itu ustadz umar memberitahu barang apa saja yang harus dibawa setiap santri ke curug luhur. Barang-barang yang harus di bawa itu adalah: minuman (agar tidak kehausan ketika di perjalanan), payung atau jas hujan (untuk mengantisipasi terjadi hujan), hp (untuk mengerjakan tugas fotografy yang di berikan oleh ustadz eftur),pakaian ganti (agar dapat mengganti pakaian yang basah terkena cipratan air terjun/curug). Selain itu ustadz umar juga melantik pimpinan rombongan, koordinatur ikhwan, koordinatur akhawat, petugas konsumsi,dan petugas obat-obatan. Dan yang menjadi: pimpinan rombongan nya adalah musa (ikhwan),koordinatur ikhwan adalah hawari, koordintur akhwat adalah noviani, pengurus konsumsi adalah neng ilham dan siti muhaira, pengurus obat-obatan adalah siti saudah.

Setelah semua nya dianggap sudah siap untuk berangkat menuju curug luhur yang terletak dikaki gunung salak barulah berangkat dengan menggunakan 2 angkot yang dicater atau disewa pada jam 07:00. Angkot yang pertama dinaiki akhwat SMA, dan angkot yang kedua dinaiki akhwat SMP bersamaan dengan ikhwan SMA. Ya, akwat SMP dan ikhwan SMA menang bercampur dalam satu angkot. Insyallah akan terjaga  dan batasan-batasan antara ikhwan dan skhwat akan terjaga karena ada yang mengawasi mereka. Orang yang mengawasi mereka adalah farid abdurrahman atau biasa di pangil kak faid.

Ketika berangkat menuju curug luhur angkot dan 1 mobil ustadz umar bersama rombongan yang berlaku sebagai pengawas berjalan beriringan. Selama perjalanan dari pesantren media banyak petunjuk arah. jadi, jika kamu ingin berekreasi ke curug luhur gak perlu hawatir tersesat karena banyak petunjuk arah nya!!!

Selama di perjalanan akan terlihat pemandangan-pemandangan yang indah dan gak bakalan kamu temui di daerah perkotaan. ketika berada di curug ini kamu tidak perlu khawatir kelaparan /kehausa /gak bawa baju ganti. Karena di sekitar curug luhur ini terdapat warung yang menjual makanan /minuman / pakaian ganti. Dan bagi kamu yang lelah dapat beristirahat di panggung-panggung kecil yang telah disediakan khusus untuk istirahat. Bagi kamu yang beragama islam jangan khawatir disini juga ada mushola. Bagi yang ingin menginap di sekitar kawasan curug ini ada villa.

Menurut salah satu pedagang yaitu ibu yuli yang baru beberapa bulan menjajakan dagangan nya di kawasan curuk luhur ini, pengunjung yang datang untuk berekreasi di kawasan curuk lihur ini cukup banyak. Pada hari-hari biasa jumlah pengunjung sebanyak kurang lebih 50 pengunjung. Tapi pada hari-hari libur jumlah pengunjung dapat mencapai angka 500 lebih.

Ketika kamu berada di dalam area curug luhur kamu dapat menikmati pemandangan air terjun (curug) yang indah dan mengalir deras selain itu di kawasan curug ini kamu dapat berenang di kolam-kolam yang disediakan oleh petugas untuk pengunjung yang inginmerasakan kejernihan dan dingin nya air.Kolam yang disediakan di kawasan curug luhur ini ada tingkatan-tingkatan kedalaman nya jadi anak kecil juga dapat merasakan dinginnya air curug. Selain itu juga ada wahana-wahana air dan darat seperti :prosotan dan permainan-permainan yang biasanya ada di taman kanak-kanak.

Hampir semua wahana dan fasilitas yang diberi pengelola tempat wisata curug luhur ini digunakan dan dimainkannya semua permainan yang ada di kawasan curug oleh santri-santri pesantren media. Setelah para santri puas memainkan wahana yang ada lalu mengganti pakaian yang basah karena terkena cipratan air terjun (curug) atau basah karena berenang di kolam.

Setelah mengganti pakaian tepatnya jam 09:30 para santri makan  dengan bekal yang telah dibawa. Lalu semuanya beres-beres untuk pulang tapi sebelum pulang para santri menyempatkan diri untuk melihat-lihat pemandangan yang indah. Setelah ikhwan sholat jumat dan akhwat sholat zuhur, baru lah perjalanan pulang di lakukan dengan angkot yang sama. Di dalam angkot semuanya terlihat kelelahan dan hampir seluruh akhwat yang SMA tertidur di angkot akibat kelelahan menjelajah wahana-wahana yang ada di kawasan curug luhur.Ketika sampai di pondok pesantren santri-santri pada memberikan berbagai komentar .

Tempatnya menyenangkan dan sangat indah tapi sangat di sayang kan fasilitas yang ada di dalam kawasan curug tidak dirawat dengan baik. Itu terbukti dengan terlihatnya lumut-lumut yang menghiasi prosotan air yang berada di sekitar kolam. Ada juga prosotan yang tidak digunakan karena tidak dirawat dan todak lagi di aliri air. Selain itu juga ada ayunan anak-anak yang sudah tidak memiliki tempat dudukan nya.

Tempat rekreasi ini cukup unik baru saya temui di sini. Mau tau apa???? Ya sudah, saya beri tahu. Ketika dilihat famflet peraturan nya ada tulisan dilarang membawa narkoba/alkohol kalau kita baca sekilas akan diketahui arti dari kata itu adalah tidak boleh membawa dan menggunakan narkoba/alkohol di kawasan curug luhur ini. Tapi ternyata, tulisan yang di pampangkan dengan sangat jelas di pintu masuk curug luhur ini diartikan tidak boleh membawa narkoba/alkohol saja kalau menggunakan nya seperti nya bole. Saya menulis kata itu karena saya melihat adanya minuman haram itu (alkohol) dijual hampir di setiap warung yang berada di kawasan curug. Hmmm, cukup mengecewakan ya??? Tempat rekreasi yang indah ini menjadi rusak akibat cara pengelolaan yang salah dan kurang perawatan!!!.

Walaupun begitu, masih banyak tempat-tempat yang indah dan cocok untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi. Kan indonesia adalah negara yang kaya akan budaya dan tempat-tempat yang indah. Seperti gunung yang mengalirkan air bersih, jernih, dan segar salah satu nya adalah gunung salak yang mengalirkan air di curug luhur. Dan hal itu dijelaskan pada QS Al ursalaat (77:27), QS Yunus (10:24) dan surah-surah tang lain.

QS Al Mursalaat (77:27) ( mountain spring water)

“dan Kami jadikan padanya gunung-gunung yang tinggi, dan Kami beri minum kamu dengan air tawar?”

. QS Yunus (10:24) ( Geological hazards; volcano eruptions, floods)

“Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, adalah seperti air (hujan) yang Kami turunkan dan langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya karena air itu tanam-tanaman bumi, di antaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai (pula) perhiasannya[683], dan pemilik-permliknya mengira bahwa mereka pasti menguasasinya[684], tiba-tiba datanglah kepadanya azab Kami di waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanam-tanamannya) laksana tanam-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (Kami) kepada orang-orang berfikir”.
Dari ayat – ayat alquran diatas sebenernya cukup menjadi dasar pijakan kita bahwa alquran adalah benar – benar wahyu dan firman yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Kita sebagai muslim wajib mengimaninya dan merawat apa yang telah diberikan Allah kepada kita. [Nurmaila Sari, santriwati angkatan ke-2, jenjang SMA di Pesantren Media]

Catatan: tulisan ini adalah bagian dari tugas menulis reportase di Kelas Menulis Kreatif Pesantren Media

curug luhur menulis reportase

Penulis: 
author
Pesantren MEDIA [Menyongsong Masa Depan Peradaban Islam Terdepan Melalui Media] Jl. Seruni E-3, Laladon Permai, Ciomas BOGOR 16610. Telp: (0251) 8630166 Email: info@pesantrenmedia.com | Twitter @PesantrenMEDIA

Posting Terkait

  • Ada sebuah keluarga yang kehidupannya serba cukup, apa-apa harus

  • MINGGU KE-1 Hari Kamis tanggal 31 Mei adalah hari

  • Design yang telah saya buat tepat pada hari raya

Tinggalkan pesan