Cerita Setelah Lebaran

397 views

Jum’at,24 Agustus 2012

Diary, aku kangen banget sama temen-temen di Pesantren. Kangen sama guru-gurunya juga. Aku kangen kebersamaan kami. Kangen waktu buka puasa di masjid bareng sama anak-anak. Waktu shalat tarawih bareng, makan bareng. Aku pengen ketemu sama mereka. Pengen belajar barengan lagi. Ya,walaupun pas pelajaran siang aku sering ngantuk,hehe. Pengen ke Masjid Nurul Ilmi lagi. Apalagi kalo ke sana itu kan jalan kaki walaupun pertamanya naek angkot dulu. Tapi di sana itu nyaman,pemandangannya juga indah.

Pengen siaran radio lagi bareng sama yang lain. Pengen lihat gunung di Mars FM. Pengen ngobrol sama bercanda lagi bareng mereka. Apalagi sama Via. Aku sering ketawa kalo lihat dia. Habis dia itu orangnya lucu,gokil lagi. Walaupun dia nggak lagi ngelucu,kadang aku ketawa sendiri. Haha. Kangen juga sama Neng Ilham. Kadang aku suka dinasehatin sama dia. Tapi,aku juga sering loh  ngelikitik dia. Apalagi dia itu kan orangnya gelian. Hehe. Dia juga suka bales ngelikitik aku. Aku juga kangen sama yang lain. Sama Rani yang suka ceplas-ceplos. Sama Holifah yang suka aku ajak ngomong pake basa Sunda. Sama si dua sejoli,Syifa dan Icca. Haha. Sama Teh Novi,The Ika,Teh Dini,Maila. Sama anak SMPnya juga. Pokoknya, I MISS YOU ALL !!!

Diary,mereka kangen sama aku nggak ya? Aku berharap sih mereka kangen juga. Pokoknya kalian harus kangen sama aku. Harus. Hehe. If I miss you,you must miss me too ! ok??

Sabtu,25 Agustus 2012

Alhamdulillah. Hari ini aku udah ngirim tugas menulisku. Walaupun baru setengah tapi aku jadi lega. Soalnya kan udah lama aku pengen ngirim itu. Baru sekarang deh kesampaian. Jadi tinggal sisanya aja. Oh iya,aku bingung loh besok itu mau jalan-jalan kemana. Rencana ke Kebun Raya Bogor sama temen nggak jadi. Aku sih pengennya sama keluarga. Habis kalo sama temen kan udah waktu ke rumah Enah.

Tapi aku juga bingung sama keluarga mau kemana.  Kami sih pengennya ke Kebun Raya. Awalnya mau bareng sama keluarga Bibil. Tapi kata mereka nggak jadi. Soalnya ada urusan lain. Yaahh,kecewa sih. Apalagi pasti seru kalo sama anak kecil kaya Bibil sama dede Ilham. Nanti maen balon di sana. Terus lihat rusa. Nanti dikasih makan.

Oh iya,abis itu kan bisa lihat binatang di Museum Zoologi. Binatangnya banyak loh. Tapi nggak hidup alias udah mati. Kaya pake air keras gitu. Terus binatangnya di pajang di aquarium. Tapi kelihatan kaya masih hidup. Ada juga loh yang cuma rangkanya aja. Kaya rangka ikan hiu/paus,aku lupa lagi. Kalo ke sana aku paling suka lihat kupu-kupu. Dari ukuran yang kecil sampe yang gede. Warnanya juga cantik-cantik. Tapi sayangnya nggak hidup. Waahh,udah kebayang deh. Pasti seru. Mudah-mudahan aja besok jadi ke sana. Biarpun nggak sama keluarga Bibil. Amiin.

 

Minggu,26 Agustus 2012

Di Kebun Raya Bogor, dekat Museum Zoologi

Diary,hari ini itu aku sama keluarga jalan-jalan ke Kebun Raya Bogor. Tadinya sih mau ke kolam renang di Caringin, bareng sama keluarga bibi aku. Tapi nggak jadi,soalnya ke sana itu jauh banget. Daerahnya juga nggak ada buat angkutan umum. Jadi harus naik ojeg atau kalo punya pake mobil pribadi.  Huuh, ribet banget kan? Mendingan ke KRB tinggal naik angkot 1 kali aja,hehe.

Di KRB itu rame banget. Mungkin,karena hari ini hari terakhir libur ya. Oh iya,di sana itu aku sempet lihat bule loh,hehe. Bule yang kata aku paling menarik  kayanya yang dari Timur Tengah. Sebenernya sih aku nggak tau pastinya dari mana. Tapi mukanya itu kaya orang sana. Tinggi,cantik sama ganteng khas Timur Tengah. Terus hidungnya mancung-mancung gimana gitu,hehe. Apalagi yang perempuannya. Dia itu pake jilbab sama kerudung warna item,pokonya cantik deh. Terus pas mereka lewat,aduh wangi banget,hehe. Aku juga ketemu loh sama temenku Maryani. Dia sama keluarganya. Tadinya sih aku nggak lihat dia,itu juga aku dikasih tau ade,hehe.

Buat pengunjung yang bawa anak,kalo ke KRB itu kudu and wajib beli balon loh. Sebebernya sih nggak wajib-wajib amat,hehe. Tapi biasanya mereka suka pada beli itu. Aku bingung itu bola apa balon. Bentuknya sih kaya bola,bulet gitu. Tapi bahannya lunak,tipis dan transparan. Nggak kaya bola biasanya.  Yang jelas sih,orang nyebutnya balon. Dari dulu sampe sekarang,masih jadi favorit pengunjung loh.  Nantinya buat di maenin di KRB. Keponakanku juga nggak ketinggalan beli balon. Di sana banyak ko yang jualan itu. Mau di luar atau di dalam KRB. Harga tiket KRB cukup 10.000. Itu udah termasuk Museum Zoologi loh.

Diary,waktu ke sana itu aku pake high heel loh,hehe. Sebenernya aku lebih suka nyimpen daripada pake. Habisnya kalo dipake itu suka pegel. Waktu di KRB juga. Tapi tenang. Aku bawa sepatu lagi ko,jadi bisa diganti. Kalo kata Ayu Ting-Ting mah,aku bawanya,duaaaaaaa. Haha.

Di KRB itu,aku lihat pohon yang gede-gede. Hmm,kayanya umurnya udah ratusan tahun deh. Tapi nggak tau juga sih. Terus aku sama keluarga nyari tempat yang sejuk buat istirahat. Habis cape dari tadi jalan terus. Nah,kami dapet tempatnya di deket Masjid di bawah pohon gitu. Nyaman sih,tapi kurang luas,hehe. Udah dapet tempat, terus kami makan deh. Yummy! Habis makan,aku sama dede Ilham  maen balon di taman. Oh iya,waktu maen itu ada ade kecil yang ngajak maen dede Ilham. Ikh,lucu banget. Umurnya baru 1 tahun 5 bulan. Dia itu perempuan. Tapi sayangnya kami nggak tau namanya,hehe.

Makan udah. Jalan-jalan juga udah. Sebenernya sih ke Museum Zoologi sama lihat rusa belum. Habis kami udah cape sih. Dede Ilham juga udah pengen pulang,pengen lihat mobil katanya. Yaudah deh jadi kami pulang. Tapi foto-foto dulu dong,hehe. CHEESE !!!

 

Senin,27 Agustus 2012

Huuft. Hari ini aku dimarahin mama, diary. Gara-gara aku nggak nyapu lantai tadi pagi. Sebenernya sih tadinya mau nyapu. Tapi tiba-tiba kakakku sama temennya dateng. Pagi-pagi lagi. Ya,sekitar jam 6. Aku kan baru selesai jemur pakaian di luar. Untungnya,aku udah ada di dalem rumah waktu mereka dateng. Coba kalo nggak. Ikhh, malu pisan. Aku kan emang pemalu apalagi kalo sama ikhwan. Jadinya nggak nyapu lantai di ruang tamu deh.

Tadinya aku cuma nyapu dapur loh,hehe. Terus jam 11,baru deh nyapu kamar sama ruang tengah. Harusnya sih dari tadi. Kamar sama ruang tengah itu kan nggak jauh dari ruang tamu. Kalo aku nyapu di situ,pasti kelihatanlah sama mereka. Kalo ruang tamu sih belum,habis mereka masih pada di situ. Itu sebabnya aku baru nyapu jam 11,hehe. Jadinya dapet “donat” deh dari mama. Emang sih ini salahku ngapain juga mesti malu. Huuh.

Aku paling nggak mau kalo dimarahin mama loh. Habis kalo mama marah itu suka panjang ngomelnya. Tapi kadang tanpa sengaja aku udah bikin mama marah. Gara-gara masalah spele. Kaya waktu itu. Aku nggak sengaja ngejatuhin bingkai fotoku. Terus dimarahin mama. Mama bilang aku harus lebih hati-hati dan jaga barang aku. Padahal aku biasa aja. Tapi buat mama hal seperti itu sangat berharga. Ya,aku nyeselah. Pokonya aku harus lebih hati-hati lagi dan jaga barang aku. Keep Spirit Muhaira !!!

 

Selasa,28 Agustus 2012

Masa SMP, foto bareng wali kelasku

Diary,hari ini aku kangen banget sama temen-temen SMPku. Udah lama nggak maen ke SMP. Kangen juga sama guru-guru di sana. Apalagi sama Bu Ella. Dia itu wali kelasku waktu aku kelas 9. Orangnya baik banget. Dia itu guru bahasa Indonesia. Tapi lebih bagus kalo ngomongnya pake basa Sunda. Emang asli Sunda sih. Aku sama temen-temen sekelas seneng banget punya wali kelas kaya beliau. Selain cantik,pinter,baik pula. Tapi kadang suka marah juga sih. Ya,itu karena kadang kami suka berisik. Apalagi si 4 serangkai. Mereka itu orang yang paling berisik juga paling bandel di kelas. Hehe.

Kangen juga sama guru-guru yang lain. Sama Pak kepsek juga. Oh iya,sama Pak Hasan. Tau nggak dia itu siapa? Dia itu penjaga pintu gerbang sekolah. Yaa,kaya Pak satpam gitulah. Dia itu salah satu orang yang ditakuti sama para siswa loh. Hampir tiap hari,kerjaannya ngehukum siswa yang telat. Disuruh push up,sit up,sampe lari keliling sekolah. Huuh,kebayang tuh capenya. Tapi,Alhamdulillah  aku nggak pernah telat. Malah suka yang paling pagi,hehe. Jadi nggak dihukum deh. Senangnya bisa lolos dari yang namanya push up,sit up,sama lari-lari. Hehe.

Sebenernya sih banyak yang aku kangenin dari sekolah. Especially for my class. Kelas 9A. Kelas yang paling seru sama paling kompak. Pokoknya is the best. Alhamdulillah banget masuk kelas ini. Anak-anaknya baik,seru,gokil. Wali kelasnya juga.

Kenangan di Kebun Raya Cibodas, makan tutut bersama

Aduh,jadi inget waktu kami ke KRC (Kebun Raya Cibodas). Senengnya. Oh iya,di sana itu selain jalan-jalan keliling KRC kami maen game loh. Tapi sayangnya aku nggak ikut maen. Kelompokku nggak kebagian sumpit. Kami itu maen estafet karet plastik ke sumpit. Yaudah,jadinya aku sama yang lain maen air di sungai. Airnya dingin. Tapi bening banget. Seger deh. Selain maen game,yang seru itu waktu makan tutut bareng. Tau nggak tutut ? hmm… tutut itu kaya keong gitu. Tapi kecil,warnanya hitam. Yang suka ada di sawah. Tapi rasanya beuuuhhh… enak tenan rek ! hehe. Di sana itu ada pohon sakura. Tapi waktu kami ke sana lagi nggak berbunga. Padahal pengen banget lihat bunga sakura langsung dari pohonnya. Pasti indah banget. Jadi pengen ke sana lagi nih. Kapan ya ? hmm,mudah-mudahan secepatnya,hehe.

 

Rabu,29 Agustus 2012

Suasan jalan di depan gang menuju rumahku

Diary,hari ini aku maen ke rumah dede Ilham loh. Itu karena kakakku yang minta.

Katanya sebelum aku balik ke Pesantren lagi,aku harus maen ke rumahnya. Sebenernya sih udah lama kakakku bilang itu. Tapi, baru hari ini aku ke rumahnya. Biasalah sibuk,hehe. Oh iya, sebelum aku ke sana ternyata kakakku ke rumahku loh. Waduh. Tapi tenang ! ke rumahnya tetep jadi ko. Kata kakak,nanti siang ke sananya.

Waktu di rumah aku,dede Ilham pengen pulang mulu. Padahal baru aja nyampe. Mungkin di sini nggak ada temen seumuran dia. Habis Bibil kan lagi sekolah. Ada sih si Asya. Tapi dia mah masih bayi. So, dede Ilham nggak mau maen sama dia. Yaudah deh, aku ajak aja ngambil buah jambu di samping rumah. Untung, jambunya udah mateng. Gede-gede lagi. Asikkk. Habis makan jambu, dede Ilham malah pengen pulang lagi. Yaahh. Padahal kakakku masih pengen di sini. Tapi daripada dia nangis terus, mendingan aku ajak lihat mobil. Apalagi dia  suka banget sama yang begituan. Sampe-sampe di rumahnya nih banyak banget mobil-mobilan.

Dia seneng banget loh waktu lihat itu. Kami lihatnya di pos ronda deket gang rumahku. Saking senengnya, sampe nggak inget pulang. Haha. Habis lihat mobil, kakak nyuruh pulang. Yaudah deh. On the way, dede Ilham lama banget jalannya. Pantesan, jalannya sambil pegang belalang. Dilihatin terus, sebentar-sebentar jalannya berhenti. Ya, namanya juga anak kecil. Hehe.

Aku ke rumah kakak jam setengah 2. Lama juga sih. Habis dede Ilham bobo siang dulu. So, harus nunggu sampe dia bangun. Tapi, kalo jam segitu biasanya ade sama mama udah pulang. Dan bener. Malah adeku pengen ikut juga ke rumah kakak. Asikk, pulang ada temennya deh. Hehe. Kakakku bilang, di rumah dia masih banyak kue lebarannya. Jadi, bisa makan sepuasnya deh,hehe. Makan sambil nonton film. Tapi, sambil ajak dede Ilham maen juga. Finally, aku sama ade pulang jam setengah 5 deh.

 

Kamis,30 Agustus 2012

Diary,hari ini aku bersih-bersih rumah. Sebenernya sih tiap hari juga bersih-bersih. Tapi

hari ini aku ngerasa happy. Nggak tahu kenapa. Hari ini aku seneng banget bersih-bersih. Walaupun sampe siang,tapi rasanya enteng. Nggak terlalu cape. Memang kalo dikerjainnya dengan ikhlas,rasanya nyaman. Hari ini aku juga nggak kena marah mama,hehe.

Oh iya,diary. Tinggal 6 hari lagi,insya Allah aku balik ke Pesantren. Wah senangnya. Udah nggak sabar pengen ketemu temen-temen. Hehe. Tapi aku juga sedih,karena berpisah sama keluarga di sini. Sama temen-temen sekolah. Sama adeku,dede Ilham ,juga Bibil. Aku pasti rindu sama mereka. Especially, for my mother.  Huhu. Tapi nggak apa-apa. Nanti aku juga bisa ketemu lagi sama mereka. Aku harus semangat. Karena aku pergi untuk belajar,biar ilmu sama pengalamanku bertambah. Dan aku bisa lebih dekat dan lebih semangat beribadah kepada Allah SWT. Amiin.

 

Jum’at,31 Agustus 2012

Diary,hari ini aku sedih. Tau nggak kenapa? Itu karena aku nggak ikut ke SMP. Padahal temen-temenku ngadain acara silahturahmi di sana. Sekalian mau lebaran sama guru-guru. Tapi mereka ngadainnya mendadak. Waktu itu kan aku lagi tidur siang. Pas bangun,aku ambil HP ternyata banyak SMS. Ya,siapa lagi kalo bukan dari mereka. Mereka ngajakin ke SMP. Tapi sayangnya,SMS dari mereka baru aku baca. Padahal udah dari tadi. So,aku nggak ke SMP deh. Mereka pada nungguin aku coba. Sampe nanya ke adeku. Hmm,adeku sekolahnya sama kaya aku. Sekolah di SMPN 10 Kota Bogor.

Aku pengen banget ke sana. Selain bisa ketemu sama temen-temen,bisa ketemu juga sama guru-guru. Tapi aku udah telat banget. Mungkin mereka udah pada pulang ke rumah. Tapi ternyata masih ada yang di SMP. Mereka sahabat-sahabatku. Katanya,sebentar lagi juga mau pulang. Tapi mau makan bakso dulu. Mereka ngajakin aku,tapi aku nggak ikut. Soalnya lagi nggak punya uang,hehe. Tempat baksonya sih nggak jauh dari rumah aku. Tapi nggak ah. Lagian perutku juga masih kenyang. Sebenernya udah lama aku nggak makan bakso lagi bareng mereka. Kangen rasanya. Apalagi kalo rame-rame tambah seru. Aku jadi sedih. Jadinya hari ini aku nggak ketemu sama mereka deh. Huhuhu.

 

Sabtu,01 September 2012

Diary,tadinya hari ini aku sama temen-temen SMP mau ketemuan. Mau perpisahan sama Lulu. Dia mau pamit karena besok mau balik lagi ke Ummul Quro. Tapi kami nggak jadi perpisahan. Aku yakin,Lulu pasti sedih. Alasannya karena yang lain nggak ada kabarnya. Mau ikut apa nggak. Aku sih udah sms ke mereka. Tapi,ada yang bilang lagi males,nggak tau,ada juga yang nggak bales sms. Huuh. Jujur,hari ini sebenernya aku juga lagi males keluar rumah. Tapi aku nggak tega sama Lulu. Secara, cuma hari ini terakhir kami bisa ketemu.

Sebenernya aku pengen banget pergi. Pengen perpisahan sama Lulu. Tapi dia bilang nggak usah jadi aja. Yang lain juga nggak ada kabar. Aku udah semangat-semangatnya. Tapi,nggak jadi. Aduh,Lulu afwan ya? Aku jadi merasa bersalah karena nggak bisa usahain yang lain. Tapi aku akan selalu do’ain kamu ko. Semoga kamu selamat sampai tujuan. Semoga di sana kamu sukses belajarnya. Amiin. Jangan lupain semua kenangan indah kita ya,ok???

Dan  buat yang lain juga. Aku harap kalian nanti sukses. Kalian juga do’ain aku ya! Aku harap semua kenangan indah yang pernah kita lalui bersama,akan jadi pengalaman yang mengesankan. Belajar,maen,shalat Duha bareng. ”Nyasar”, sampe kehujanan juga bareng. Aku akan selalu inget itu. Kalian juga!! Oh iya,tanggal 5 nanti aku mau balik lagi ke Pesantren. Aku sedih berpisah sama kalian. Selama di sana,kita nggak akan maen bareng lagi. Nggak bisa ketawa sama nyasar lagi. Aku juga yakin. Nanti,kalian juga pasti sibuk sama sekolah. Jarak kita juga jauh. Tapi walaupun begitu,aku akan selalu inget sama kalian. I will miss you all !!!

 

Minggu,02 September 2012

Keponakanku, dede Ilham

Diary,hari ini dede Ilham maen ke rumah loh. Tapi cuma dia aja,mamanya nggak ikut. Tadi waktu kakakku mau ke rumahnya,aku bilang pulangnya ajak dede Ilham. Eh,beneran dede Ilham di bawa ke sini. Senengnya. Aku jadi bisa maen-maen sama dia. Hehe. Tapi maennya cuma sebentar. Habisnya tadi aku nonton film. Aku kalo lagi nonton kan harus fokus biar ngerti ceritanya. Tadi mah nggak. Boro-boro fokus,dede Ilham maen-maen mulu. Bolak-balik ke luar masuk rumah. Haha. Tapi untungnya ada Bibil. Jadi bisa maen sama dia.

Dede Ilham,dede Ilham. Mau di manapun inget aja sama mobil. Tadi aja dia lihat mobil di Pos ronda. Dede Ilham,seneng banget sih sama mobil. Dia itu agak susah makan. Tiap ke sini,harus diajak lihat mobil dulu. Baru mau makan. Itu juga makannya nggak abis. Mungkin karena serius lihatin mobil kali ya. Aku fikir-fikir apa yang menarik dari mobil. Perasaan biasa aja. Mungkin dede Ilham sukanya karena bisa bergerak kali ya. Hmm,ngak tau juga deh. Dede Ilham,dede Ilham. [Siti Muhaira, santriwati Pesantren Media, Kelas 1 SMA]

Catatan: tulisan ini adalah tugas menulis diary di Kelas Menulis Kreatif, Pesantren Media

diary menulis santri

Penulis: 
author
Pesantren MEDIA [Menyongsong Masa Depan Peradaban Islam Terdepan Melalui Media] Jl. Seruni E-3, Laladon Permai, Ciomas BOGOR 16610. Telp: (0251) 8630166 Email: info@pesantrenmedia.com | Twitter @PesantrenMEDIA

Posting Terkait

Tinggalkan pesan