Catatan Akhir Ramadhanku…

495 views

Selasa, 14 Agustus 2012

Tak terasa aku sudah satu minggu lebih. Emm… hari ini aku ada cerita lho.  Ada seorang balita lucu namanya Maya. Mamanya sholat di paling ujung depan dia bermain-main dan makan-makan dengan anak balita lainya di mesjid. Waktu dia ingin ke tempat mamanya, eh dia salah mamanya. Mamaku dikira mamanya. Terus dibilangin mamanya di sana. Emm… dia nangis lagi. Entah sudah berapakali dia nangis. Eh dulu aku juga gitu waktu itu aku ikut  papah ke bank aku jalan-jalan sendiri pada waktu itu papahku pakai baju PNS. Nah di samping papahku ya 2 orang di sebelah papah aku ada laki-laki PNS juga eh aku duduk di pangkuan itu orang. Terus aku turun dari pangkuan lelaki itu aku liat mukanya eh bukan papahku. Emm…. aku langsung nangis cari-cari papahku akhrinnya ketemu hahahahaha. Eh kenapa jadi curhat. Ih, malu-maluin. Tapi  nggak papa deh kan jadi lucu.

Ada cerita juga waktu papahku ngurus kuliahnya aku ditinggal sendirian dalam mobil. Waktu itu sih mobil kakekku. Aku ditinggal sendiri di mobil. Aku nangis cari-cari papahku  mau keluar aku takut. Soalnya papahku lama sampai-sampai aku ngompol ih…. jadi malu nich.

Rabu, 15 Agustus 2012

Hari  ini aku diajak sama mama ke Pasar Ahad. Sayangnya aku cuma beli ikan. Hahahahaha bau tahu.  Mamaku cuma beli ikan nila sama paruh. Tapi mamaku buka puasa di sebelah rumah mamahku. Heheheh katanya sih makannya daging. Tapi aku nggak ikut soalnya aku lagi sakit perut.

Kamis, 16 Agustus 2012

Hari ini aku ke DM (Duta Mall). Mall terbesar di Banjarmasin. Tapi aku nggak tahu juga, sih. Aku di sana buka puasa bersama papah, mama, abang, yaya, mama ina dan mba nurul. Di sana aku makan di KFC. Tapi sayangnya aku nggak ke bagian tempat duduk jadi harus nunggu orang selesai maka dulu.

“Bah ia am” kata abang. Tahu nggak artinya? Artinya itu aku nggak tahu juga. Kayaknya sih dia bersedih. Kami makan dengan enak. Emm.. enak banget rasanya, apa lagi minum dan ayamnya. Pasti nggak bisa terlupakan deh.

Jumat, 17 Agustus 2012

Hari Kemerdekaan. Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia yang ke 67. Tapi aku pagi-pagi ke kubur abah ibunya kaka mamaku di Landasan Ulin. Pagi-pagi kami berangkat dari rumah naik mobil. Eh, kami mau berangkat, Mbak Nurul ada Mbaknya mau ke sekolah hadir upacara 17 Agustus. Di SMA 1 Gambut. Setelah kami antar kami ke kubur ziarah sebelum idul fitri.

Wah, jauh banget. Capek kalo aja siang. Haus. Hahahaha… tapi aku tetap semangat. Aku pulang. Sampai di rumah aku langsung menyalakan TV. Buat nonton film yang cerita-cerita tentang kemerdekaan gitu. Asyik lo. Ada ngeri-ngeri gitu juga tapi. Aku kalo ada yang ngeri aku tutup pake bantal tenang.

Setelah itu aku sholat teraweh yang terakhir. Kalo yang terakhir biasanya para ibu-ibu bawa kue buat tamatan. Ya, benar ternyata pada bawa kue untung aja mamaku bawa. Setelah sholat 23 rakaat, ceramah, dan yang terakhir makan-makan. Asyik-asyik. Nah setelah makan-makan (bukan halal bihalal sih)

Setelah pulang kami turun dari tangga mau masuk mobi sudah masuk eh, mobilnya mogok. Yah kepaksa jalan kaki dulu sampai ke rumah. Jauh tahu. Nah mama aku jalan kaki beli bensin, aku dan Mbak Nurul ngambil kendaraan. Pake kendaran cyrpton lagi. Kami sama Mbak Nurul sepanjang jalan mba nhurul ketawa saja karena ulahku kadang-kadang  ku matiin tu kontak kendaraan jadi kaya ke bensin habis eh ternyata ke tipu hahahahahah. Kami ke mesjid disana pake kendaraan di situ papah dan kaka PONPES M.U ikhwan lagi bantu ndorongi mobil… hahhahahahahahaaha. Tapi maksih yah.. kak.

Sabtu, 18 Agustus 2012

Hari ini terakhir puasa dan plus berakhirnya bulan agung yang penuh berkah… hemmmmmm aku di rumah biasa kerjaanku cuman ngerjain tugas dan tidur hehehehhehe tapi kebanyakan santai…. dirumah itu siang….. hari ini aku buka puasa di tempat mama dina adik yang ketiga dari lima bersaudra papahku. Makannya ada ayam,mie,dagi,saluang dll banyak lagi lah……. setelah maknan aku dan kakaku main petasan marcon wah bagu banget dan suaranya besar sampai adikku ketakutan kasihan sabar ya abang setelah selesai kami pun pulang buat bayat zakat firah di masjid kami pun mengantarnya.

Minggu, 19 Agustus 2012

Hari ini  hari raya idul fitri yang ke {1433 }. Aku bangun dan langsung mandi idul fitri di kamar mandi mamaku. setelah mandi aku memakai sehabis memakai baju aku pun sholat shubuh berjamaah bersama papahku di rumah seteh itu kami makan………. soto…… enak aku pun langsung makan enak banget tau sotonya. Cabenya pedes… banget wisssssss….wenak pokoknya. Setelah makan kami pun langsung menuju ke mobil siap-siap buat sholat ID di mesjid Sabilal ya Allah karena tahun ini bareng sholatnya dengan MUHAMADIYAH jadi sholatnya sampai ke jalan raya. Asalnya sholatnya dari mesjid teras mesjid lapangan hingga jalan raya…… coba bayangin semua di lapangan mesjid itu penuh subahannallah …..setelah sholat aku pun duduk ingin mendengarkan khotbah tapi sayang tida kedengaran…. yah kami makan lah tapi cuma makan bakso dan empek-empek…. empek-empeknya renyah gurih dan enak… banget ….. dari pada di marahin papah yah lebih baik duduk liat-liat orang yang mau pulang tergesa-gesa mau dengerin juga ga disa gimana donk ga kedengeren ….. brisik suara motor….

Setelah selesai kami pun kekubur nenekku di dekat mesjid itu sebenarnya aku tidak mempunyai nenek kandung  satu-satu pun nenek dari papah suda di akhirat dari mam pun juga betapa sedihnya tidak mempunyai nenek. Aku iri kalo ngeliat anak-anak sedang bersama neneknya. Aku juga pengen aku tidak pernah merasa gendongan dari nenekku sebelum aku melihat dunia ini nenekku sudah tidak ada di dunia rasanya…. sedih banget tapi insya allah aku ketemu sama nenekku di mimpi atau di akhirat nanti AMIN……. yang aku ziarahi ini kubur nenekku yang dari papah yaitu mama papahku ….. Alhamdulilah aku setiap minggu pasti ziarah kekubur nenekku ini … aku pun membaca yasin dan mengucapkan SELAMAT IDUL FITRI MINAL AIDIWALFAIZIN MOHON MAAF LAHIR BATIN….

Setelah ziarah tujuannya adalah bersilaturrahim ke tempat keluarga yang pertama ke rumah mama Andut itu kaka mamaku tapi aku sudah biasa manggil mama andut sebenernya namanya bukan mama Andut namanya Hariyati jadi dipanggil mam andut waktu dulu gendut jadi di panggil mama andut. Kami pun ke tempat mama andut di belitung gg. Keluarga disana maknanya nasi kuning dan  lapat aku sieh… makan nasi kuning  enak tau…. lapar juga biar pun makanan desa tapi tetap enak dari pada ga ada.

Setelah itu aku kerumah kakak ku disana ga makan karena sudah kenyang jadi cuman ngemil… tapi kau dapat ampau dari kakak mau tau!!!!! Wenak ajah ….  mau tau ajah….. setelah ke rumah kaka kerumah abahnya kaka Rizky nihhhh kaka Rizky ini yang paling usil jadi kaka ….. hahahaha… kemaren kan aku dititipin sama paman biar di beri-bberiin uangnya jadi aku beri dech……. setelah itu baru ke kubur nenek dari mama aku mamanya mama aku kuburannya kasihan… tanah nya ga bagus nenek aku yang ini sudah 30 tahun meninggalnya. Aku juga sedih rasanya mau nangis…. gimana gitu….. nah setelah kekubur nenek ku ini aku kerumah kakek… dech setelah itu lagi aku pulang….. sampai di rumah makan lagi s…….o…..t…..o…… !!!! Banyak yang datang salah satunya Sofia anak kaka Rullah …. [Saknah Reza Putri, Santriwati Pesantren Media, Kelas 1 SMP]

Catatan: tulisan ini sebagai tugas menulis diary di Kelas Menulis Kreatif, Pesantren Media

diary menulis

Penulis: 
author
Pesantren MEDIA [Menyongsong Masa Depan Peradaban Islam Terdepan Melalui Media] Jl. Seruni E-3, Laladon Permai, Ciomas BOGOR 16610. Telp: (0251) 8630166 Email: info@pesantrenmedia.com | Twitter @PesantrenMEDIA

Posting Terkait