Cara Gampang Ngomong Inggris (Nggak Pakai Susah)

823 views

Tidak bisa disanggah lagi, Bahasa Inggris kini telah menjadi bagian dari kehidupan modern yang serba cepat dan serba luas ini. Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa pemersatu masyarakat di seluruh dunia sebagai bahasa standar internasional. Jika kita berkunjung ke negara tertentu, kita tidak perlu repot-repot mengerti bahasa negara tersebut karena jika kita sudah cukup mahir dalam berbahasa Inggris, masyarakat di negara tersebut pun tentunya akan memahami apa yang kita ucapkan.

Tidak hanya dalam kehidupan yang luas dan perjalanan, Bahasa Inggris juga menjadi salah satu media yang menjembatani ilmu-ilmu yang sangat luas yang bertebaran di jagad internet, juga ilmu-ilmu yang tertuangkan di buku-buku berbahasa Inggris. Semua Bahasa Inggris, di mana-mana Bahasa Inggris.

Namun masalah kemudian muncul saat ternyata kita mengalami kesulitan dalam mempelajara bahasa ini, atau mungkin tidak tahu harus belajar apa dan memulai dari mana. Tentu saja kita akan menjadi orang yang sedikit ketinggalan zaman, karena apa-apa harus menggunakan Google Translate.

Berikut saya memiliki beberapa tips yang insyaAllah bermanfaat karena selama ini saya menerapkan tips-tips ini dan hasilnya, Bahasa Inggris saya semakin membaik setiap harinya.

1. Ada niat yang kuat untuk belajar.

Ini dia yang harus dimiliki kalian yang ingin menguasai sebuah ilmu atau bahasa. Tanpa niat dan kemauan yang kuat, maka usaha pun akan setengah-setengah atau bahkan tidak berusaha sama sekali. Kemauan yang kuat sangat dibutuhkan, karena tanpanya, usaha kita pun tidak sempurna, dan pencapaian akan semakin terhambat dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Untuk itu, jika kalian ingin belajar Bahasa Inggris dan menguasainya dengan cukup baik, kalian kini harus menanamkan keinginan yang kuat untuk bisa mahir dalam bahasa tersebut.

2. Lingkungan sekitar sebagai soal-soal berbahasa Inggris.

Dalam lingkungan kita sehari-hari, sering kali kita tidak menyadari bahwa kita dikelilingi oleh berbagai macam hal yang sering luput dari perhatian kita. Salah satunya adalah penggunaan kata-kata atau kalimat dalam Bahasa Inggris di sekitar kita. Poster-poster dan baleho di jalanan, iklan di televisi dan radio, musik yang diputar di televisi, mall, dan tempat-tempat umum lainnya, film yang kita tonton, semua sering didapati terdapat Bahasa Inggris di dalamnya. Nah, yang perlu dilakukan adalah kita membiasakan bahasa-bahasa tersebut di telinga kita dan sesekali cobalah untuk mengucapkannya dengan mulut kita hingga rasanya kita sedang berbicara/mengucapkan sebuah kata menggunakan bahasa kita sendiri, dan yang terpenting, selalu cari arti dari kata yang belum kita ketahui. Contohnya: jika kalian membaca peringatan di sebuah fasilitas listrik ‘No Trespassing Under Any Circumstances!’, maka jangan tinggal diam. Segera cari arti dari kata ‘trespassing’ dan ‘circumstances’, cari tahu juga cara mengejanya dan penggunaannya yang tepat untuk kalimat apa. Jika kalian melakukan kegiatan kecil ini secara rutin, niscaya dalam beberapa minggu kemampuan bahasa Inggris kalian akan meningkat pesat.

3. Membaca buku favorit berbahasa Inggris.

Banyak sekali buku-buku bagus yang ternyata merupakan terjemahan dari buku berbahasa Inggris. Nah, sekali-kali patut dicoba untuk membaca versi Bahasa Inggris-nya. Tentunya, pastikan buku yang akan kalian baca dalam Bahasa Inggris adalah buku yang paling kalian suka. Sebagai contoh saja, saya adalah penggemar novel serial The Hunger Games. Setelah saya membaca buku pertama dan keduanya, saya pun jadi penasaran dengan novel terakhirnya. Nah, untuk meningkatkan kemampuan saya berbahasa Inggris, saya pun memutuskan untuk membeli The Mockingjay versi bahasa Inggrisnya. Buku-buku berbahasa Inggris sejenis ini sudah ada di toko-toko buku seperti Gramedia dan yang lainnya. Namun jika kalian tidak menemukan apa yang kalian cari, kalian bisa baca e-book nya di internet atau di Google Books.

4. Musik dan film sebagai media pembantu.

Kini banyak sekali musik-musik dan film-film berbahasa Inggris. Bahkan, keduanya pun didominasi oleh musik dan film berbahasa Inggris. Musik dan film bisa menjadi media yang sangat efektif untuk belajar bahasa Inggris, karena tentunya metode pembelajaran dengan cara ini pasti sangat menyenangkan dan sangat mudah. Cobalah untuk mencari sebuah lagu dalam bahasa Inggris yang kalian suka. Hafalkan liriknya, dan cari tahu artinya. Coba nyanyikan kembali persis seperti pelafalan penyanyi aslinya. Nah, jika kalian sudah lancar menyanyikan sebuah lagu yang kalian tahu artinya, tanpa sadar kalian sudah bisa berbahasa Inggris!

Untuk film, cobalah untuk menonton sebuah film bertejemahan bahasa Indonesia yang kalian suka beberapa kali, lalu cobalah untuk menonton kemudian dengan tanpa terjemahan. Kalian tentunya sudah mengetahui isi dari cerita. Maka dari itu, cobalah untuk mengerti setiap kalimat yang mereka ucapkan, dan berusahalah untuk mengetahui seperti apa kira-kira artiannya. Jika kalian sering melakukan kegiatan ini, maka tanpa sadar, kalian sudah bisa mengerti apa yang orang-orang bule itu katakan!

5. Sebenarnya, masih sangat banyak lagi tips-tips yang bisa dilakukan untuk memperlancar Bahasa Inggris kita. Tapi untuk sementara ini, segini dulu saja yang bisa saya bagikan. Yang lainnya menyusul yaaah… Dan sebagai bonus, ini adalah tips terakhir yang bisa digunakan untuk menumpas tips-tips di atas saking mujarabnya tips ini. Learn From The Source! Artinya, cobalah untuk pergi ke Inggris/Amerika/Australia selama tiga bulan, maka ketika kalian kembali ke Indonesia, kalian dijamin sudah ahli dan lancar bin faseeeeeeh berbahasa Inggris!

Baik teman-teman semua, semoga tips-tips berikut tadi dapat bermanfaat bagi kelancaran kalian berbahasa Inggris dan selamat mencoba!

[Hawari, santri kelas 1 SMA di Pesantren Media]

Catatan : tulisan ini adalah sebagai tugas menulis dari Ustad Umar

bahasa belajar feature gampang hawari inggris mudah santri tips

Penulis: 
author
Hawari, santri angkatan ke-2 jenjang SMA di Pesantren Media | Blog pribadi: http://downfromdream.tumblr.com | Twitter: @hawari88

Posting Terkait