Buku adalah Sumber Ilmu

30 views

Ya, buku adalah sumber ilmu, karena dengan buku kita dapat mengetahui apa yang belum kita tahu, karena buku kita dapat menjadi pintar dan menghilangkan kebodohan. Buku ini banyak macamnya, antara lain: buku novel, majalah, pengetahuan, sejarah, koran, matematik, dll. Tetapi dizaman sekarang ini dipermudah lagi dalam mencari pengetahuan karena adanya internet. Kita dengan mudah untuk mencari sesuatu meskipun kita tidak memilikinya, berbeda dengan buku, kita harus mencari dulu sampai dapat. Dan sebenarnya ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Saya dengan buku kurang terlalu minat, entah kenapa? Mungkin karena 2 hal; nafsu membacanya kurang dan mungkin bisa jadi malas. Memang sih karakter setiap orang berbeda-beda. Tetapi kalau ada waktu kosong/luang dan itu bikin gabut (ga ada kerjaan) saya memanfaatkan waktu itu dengan membaca novel, meskipun membacanya tidak sampai habis semua. Kadang baru setengah buku atau baru 1 bab sudah udahan membacanya. Tetapi kalau ceritanya itu bikin penasaran dan seru, saya ga akan membacanya itu setengah-setengah, pasti sampai akhir karena ingin tahu, gimana sih endingnya. Itu juga tergantung mood sama enggaknya.

Buku-buku yang saya sukai itu seperti komik, komik ini yang saya favoritkan, ia itu buku yang dalamnya hanya sedikit tulisannya dan bergambar. Telah banyak komik-komik yang saya baca sampai habis, antara lain one piece, detective conan,  naruto, dll. Saking sukanya sama komik, kadang-kadang kalau bacanya harus gantian. Misalkan nih, dipondok tuh ada temen yang bawa komik atau punya lah. Itu sudah banyak yang boking duluan. Kadang antri lama nunggunya, baru seminggu dapet. Terus buku yang saya suka itu novel, novel ini enak banget buat nemenin kalau lagi ga ada kerjaan. Karena banyaknya tulisan yang beratus-ratus halaman ini, dan sangat panjang sekali ceritanya. Atau lagi kalau novelnya ini seru..behh libas tuh buku. J Terus buku yang saya sukai itu buku pengetahuan (ensiklopedia), karena seru aja sih selain dapet ilmunya juga sejarahnya.

Untuk teman-teman sendiri mungkin berbeda banget dengan saya, yah memang setiap karakter orang berbeda-beda, seperti yang sudah saya bilang tadi sebelumnya. Tetapi setidaknya kita itu harus menanamkan nafsu kita untuk membaca. Jangan kerjaan setiap harinya maen game saja, boleh maen game, asalkan jangan berlebihan. Game itu hanya sebatas hiburan yah kawan, jangan dijadikan hobi (kebiasaan). Thx u…

[Abid Akromul Afaf, santri kelas 2 SMA]

buku catatan harian diary karya santri sumber ilmu

Penulis: 
    author

    Posting Terkait