Berkembangnya Rokok di Negara Berkembang

242 views

Indonesia menawarkan kepada industry tembakau wilayah yang sangat subur dan menarik dengan peraturan pemerintah atau tidak sama sekali untuk industry tembakau dan untuk saat ini Indonesia adalah Negara malboro yang baru. Indonesia adalah Negara terpadat ke-4 di dunia sebanyak 240 jiwa dan kebanyakan penduduknya banyak menyukai bola dan rokok.

Hampir 70% pria di Indonesia merokok. Dan hamper keseluruhan semua cabang olahraga di sponsori oleh merek rokok. Di Indonesia anak yang berumur 13 tahun dan 15 tahun sudah mulai merokok dan yang menjual rokok pun tidak jauh-jauh dari sekolah meraka dan pedagang yang menjual tidak di larang atau di tegur.

Amerika yang merokok anak di atas 18 tahun yang di bawah 18 tahun tidak di boleh kan bedahalnya di Indonesia tidak ada aturan yang seperti itu dan tidak ada yang mengawasi . rokok ini sebenarnya di tunjukan untuk anak muda.

Ada 2 kebohongan yang mencelakakan sejarah bisnis rokok yaitu rokok tidak menyebabkan penyakit dan tidak memesarkan kepada anak kecil. Rokok buruk untuk kesehatan. Pada tahun 2009 undang-undang kesehatan sudah mengecap nikotin sebagai obat adiktif dan di Indonesia sediri masih diperdebatkan.

400.000 orangmeninggal per tahun. Mereka meninggal karena penyakit yang di sebabkan oleh rokok dan kematian akan 4 kali lipat dalam jangka waktu 20 tahun. Di Negara berkembang seperti Indonesia merokok bukan hanya sekedar merusak kesehata tapi juga membuat Negara semakin miskin.

Kesimpulannya kita tidak akan bisa merubah pabrik tembakau yang sebesar itu untuk tidak memasang iklan tapi kita harus bertindak kita tidak boleh diem kalau ada sesuatu yang salah untuk kebaikan keluarga dan generasi masa depan. Dan kita sebagai generasi masa depan jangan sekali pun menyentu barang yang berbau rokok karena sekali menyentuh kita akan kecanduan. Untuk apasih kita merokok? Jangan rusak diri kita secara berlahan dengan rokok kita tidak akan merakan dampaknya sekarang tapi nanti setelah tuanya bagaimana tubuh kita yang utuh bisa saja menjadi busuk,di amputasi dan lain-lain. Bagi yang sudah kecanduan mulai dari sekarang lepasitu rkok alihkan rokok itu dengan yang lain memang awal susah tapi kalau kita punya tekat dalam hati kita dan yakin pasti bisa untuk tidak lagi merokok.

 

 

Berkembangnya Rokok di Negara Berkembang diary karya santri

author
Chairunisa Bayu Parameswari | Santriwati Pesantren MEDIA, angkatan ke-2, kelas 3 SMA.

Posting Terkait

Tinggalkan pesan