Belajar, Mengajar, dan Menuliskannya

608 views

100_7689Bagi saya, proses belajar yang mengasyikkan adalah sambil mengajar. Mengapa? Sebab, setiap kali saya akan mengajar, minimal sekali saya membuka catatan yang pernah saya pelajari. Bahkan dalam beberapa kesempatan, saya harus mencari tahu lebih dalam apa yang harus saya sampaikan pada saat mengajar. Itu artinya, ilmu saya insya Allah makin bertambah–atau setidaknya merevisi dan menguatkan apa yang sudah dipahami sebelumnya setiap kali saya mengajar.

Benar. Ketika mengajar pun masih akan mendapatkan ilmu. Dari mana ilmu bisa didapatkan saat mengajar? Pertama, dari pertanyaan murid-murid saya. Ini adalah sumber inspirasi untuk menggali informasi yang sudah pernah saya dapatkan, sehingga saya bisa menguatkan pemahaman saya terhadap satu topik ilmu yang dibahas atau bahkan saya mendapatkan hal baru ketika saya harus mencarinya lebih dalam lagi. Kedua, pendapat murid-murid saya. Ini juga merupakan inspirasi yang sangat banyak dan beragam pula. Ya, pendapat atau kisah yang mereka tuliskan dalam tugas menulis yang saya berikan justru membuat saya mengambil banyak inspirasi dari mereka.

Selain belajar dan mengajar, sebenarnya ada hal penting lainnya, yakni menuliskannya. Ya, menuliskan adalah sebuah metode menyampaikan pesan dengan lebih tertata rapi. Anda boleh mencobanya. Jika saat mengajar saya kadang masih agak repot mengatur pilihan kata–yang seringkali harus spontan terucap ketika menjawab pertanyaan atau menyampaikan informasi. Sementara dalam menulis, saya masih ada waktu untuk mengeditnya: baik bahasanya, pilihan kata, dan tentunya isinya.

Yuk, sudah saatnya kita mulai mendokumentasikan apa yang sudah kita pelajari dan sampaikan, yakni dengan menuliskanya. Semoga apa yang sudah kita kerjakan bisa menjadi inspirasi orang lain melalui tulisan-tulisan yang kita kemas dalam menceritakan pengalaman kita dalam belajar dan berbagi. Semangat!

Salam,

O. Solihin | Twitter: @osolihin

belajar mengajar menulis

Penulis: 
author
Pesantren MEDIA [Menyongsong Masa Depan Peradaban Islam Terdepan Melalui Media] Jl. Seruni E-3, Laladon Permai, Ciomas BOGOR 16610. Telp: (0251) 8630166 Email: info@pesantrenmedia.com | Twitter @PesantrenMEDIA

Posting Terkait