Bekam: Pengobatan Ala Nabi

298 views

Hai, teman-teman. Udah lama ni Maila nggak nulis dairy. Pasti pada nungguin ya? Udah nggak usah nutup-nutupin, Maila udah tahu kok. (kepedean loe, emang tulisan sebelumnya ada yang baca mai?) Hahaha, jangan gitu dong, setidaknya masih ada yang nggak sengaja baca tulisan spektakuler ini karena salah link.

Tapi nggak apa, tulisan penulis-penulis hebat itu awalnya juga kayak Maila kok. Dari awalnya nyasar sampai akhirnya sadar bahwa tulisan si penulis yang hebat itu adalah sebuah karya hebat atau spekta. #berjaya

Nah, sekarang Maila mau nulis tentang bekam. Kalian udah pada tahukan, apa itu bekam? apa, ada yang belum tahu? Ciyus, enelan, nggak boong? OMG, kalian ini bagaimana hal seperti ini pun tak tahu. Ckckck… (sok pinter loe!)

Hahaha, maaf deh maaf. Maila nggak maksut untuk sok pinter. Tapi, bekam kan sudah biasa dilakuin sama kakek Maila. Masa kalian nggak tahu sih? (Mailaaaaaaaaa, itu kan kakek loe bukan kakek gue. #jerit.sampai7oktaf)

Oh iya, Maila lupa kalau kita beda keluarga. Ya udah deh, dari pada lama-lama meding maila kasih tahu sekarang. Bekam adalah metode pengobatan dengan cara  mengeluarkan darah statis (kental) yang mengandung toksin dari dari dalam tubuh manusia. Ngerti nggak? itu tadi pengertiannya Wikipedia. Kalau versi Maila sih, bekam adalah pengeluaran darah kotor yang ada dalam tubuh melalui permukaan kulit.

Tahu nggak? Ternyata bekam itu sudah dilakukan sejak jaman Rasulullah SAW. Saat Rasulullah SAW sakit karena racun pada makanan, Rasulullah SAW minta diobati dengan cara bekam lho. Tapi, cerita detailnya sih Maila kurang tahu karena saat kejadian Maila belum lahir.

Selain itu, bekam adalah salah satu metode pengobatan yang direkomendasikan Rasulullah SAW dalam sabdanya: “kesembuhan itu terdapat dari 3 hal, yaitu madu, sayatan alat bekam dan dengan kay atau besi panas. Sesungguhnya aku melarang umatku dari kay”[shohihul Bukhori dalam juz 1 hal.5680]

Bekam itu kulitnya di sayat dengan pisau bekamatau lenset (semacam jarum). Terus di tempat yang sudah di sayat atau lanset di sedot dengan alat semacam vakum. Tungguin sebentar, kemudian darahkotornya keluar.

Tapi jangan khawatir, walaupun bekam terlihat seperti pengobatan yang sangat mengerikan, dia nggakkayakyang dibayangkan. Rasanya itu nggak terlaku sakit dan biasanya kalau udah pernah dibekam sekaliketagihan lho.

Bekam itu sangat banyak khasiatnya, karena dengan cara dibekam kita dapat mengeluarkan darah kotor atau bahkan racun-racun yang  terdapat pada diri kita. Udah dulu ya sekilas infonya, wabillahi taufiq wal hidayah wassalamu’allaikum wr.wb….

Hai, teman-teman. Udah lama ni Maila nggak nulis dairy. Pasti pada nungguin ya? Udah nggak usah nutup-nutupin, Maila udah tahu kok. (kepedean loe, emang tulisan sebelumnya ada yang baca mai?) Hahaha, jangan gitu dong, setidaknya masih ada yang nggak sengaja baca tulisan spektakuler ini karena salah link.

Tapi nggak apa, tulisan penulis-penulis hebat itu awalnya juga kayak Maila kok. Dari awalnya nyasar sampai akhirnya sadar bahwa tulisan si penulis yang hebat itu adalah sebuah karya hebat atau spekta. #berjaya

Nah, sekarang Maila mau nulis tentang bekam. Kalian udah pada tahukan, apa itu bekam? apa, ada yang belum tahu? Ciyus, enelan, nggak boong? OMG, kalian ini bagaimana hal seperti ini pun tak tahu. Ckckck… (sok pinter loe!)

Hahaha, maaf deh maaf. Maila nggak maksut untuk sok pinter. Tapi, bekam kan sudah biasa dilakuin sama kakek Maila. Masa kalian nggak tahu sih? (Mailaaaaaaaaa, itu kan kakek loe bukan kakek gue. #jerit.sampai7oktaf)

Oh iya, Maila lupa kalau kita beda keluarga. Ya udah deh, dari pada lama-lama meding maila kasih tahu sekarang. Bekam adalah metode pengobatan dengan cara  mengeluarkan darah statis (kental) yang mengandung toksin dari dari dalam tubuh manusia. Ngerti nggak?itu tadi pengertiannya Wikipedia. Kalau versi Maila sih, bekam adalah pengeluaran darah kotor yang ada dalam tubuh melaluipermukaan kulit.

Tahu nggak? Ternyata bekam itu sudah dilakukan sejak jaman Rasul SAW. Saat Rasul SAW sakit karena racun pada makanan, Rasul SAW minta diobati dengan cara bekam lho. Tapi, cerita detailnya sih Maila kurang tahu karena saat kejadian Maila belum lahir.

Selain itu, bekam adalah salah satu metode pengobatan yang di rekomendasikan Rasul SAW dalam sabdanya: “kesembuhan itu terdapat dari 3 hal, yaitu madu, sayatan alat bekam dan dengan kay atau besi panas. Sesungguhnya aku melarang umatku dari kay”[shohihul Bukhori dalam juz 1 hal.5680]

Bekam itu kulitnya di sayat dengan pisau bekamatau lenset (semacam jarum). Terus di tempat yang sudah di sayat atau lanset di sedot dengan alat semacam vakum. Tungguin sebentar, kemudian darahkotornya keluar.

Tapi jangan khawatir, walaupun bekam terlihat seperti pengobatan yang sangat mengerikan, dia nggakkayakyang dibayangkan. Rasanya itu nggak terlaku sakit dan biasanya kalau udah pernah dibekam sekaliketagihan lho.

Bekam itu sangat banyak khasiatnya, karena dengan cara dibekam kita dapat mengeluarkan darah kotor atau bahkan racun-racun yang  terdapat pada diri kita. Udah dulu ya sekilas infonya, wabillahi taufiq wal hidayah wassalamu’allaikum wr.wb….

[Nurmaila Sari, angkatan ke-2, jenjang SMA, Pesantren Media]

bekam pebgobatan Rasulullah SAW thibbun nabawi

Penulis: 
author
Nurmaila Sari | Alumni, santriwati angkatan ke-2, jenjang SMA | Asal Pekanbaru, Riau | @nurmailasarii

Posting Terkait

Tinggalkan pesan