AWAS Mandi Buat Serangan Jantung!

721 views

Assalamu’alaikum, plen. Ketemu lagi sama Nissa in the house. Eh, ganti aja, Nissa in the blog. Kan ini bukan rumah. Hehe… garing yah? Nggak papa asalkan kalian mau tetap baca sampai selesai, Nissa udah syukur alhamdulillah banget, dah.

By the way, anyway, busway, cuaca di bulan Februari ini lagi bersahabat sama tukang jual bakso nih. Lah, kok nyambung ke tukang bakso sih? Hehe^^, soalnya dingin-dingin gini enaknya ngunyah bola-bola bakso pake kuah ayam terus disiram sambel ekstra pedas sama tambahan kerupuk kulit. Bbbaaahhh… makin ngiler dah tuh.

Pengen, plen? Beli gih. Jangan lupa anterin ke Pesantren Media juga yah. Maklum, anak pesantren kalo dapet makanan mah, hayuu ajaah…

Mandi Air Hangat Bisa Bikin Serangan Jantung

Ngomong-ngomong soal mandi, udah pada mandi belum nih? Iiiihhhh, baunya sampe ke sini nih *pencet idung kuat-kuat*.

Tapi, duh, serem amat ya. Kok bisa sih mandi air anget bikin serangan jantung?

Tunggu dulu. Jangan keburu takut dan was-was berlebihan, plen. Tenang, santai dulu kita. Nissa kutip nih dari inilah.com Jakarta dan beberapa redaksi berita lainnya. Ternyata, peneliti-peneliti dari Jepang udah membuktikannya, plen. Dilansir dari Dailymail, Chika Nishiyama, kepala peneliti dari Kyoto Prefectural University mengungkap hal itu setelah ngamatin ± 11.000 kasus serangan jantung di Osaka.

Pengamatan itu sekitar kurun waktu 2005-2007, sampai ngelewatin beberapa kali pergantian musim. Ini termasuk fakta yang cukup penting buat masyarakat Jepang, mengingat sebagian besar penduduknya gemar mandi air panas selama berjam-jam buat menenangkan diri setelah aktifitas harian mereka yang sibuk. Angka kejadiannya nih sampai 10 kali lebih tinggi saat musim dingin dibandingkan musim hangat. Masya Allah…

Artinya serangan jantung setelah mandi air anget lebih sering terjadi saat cuaca dingin, karena banyak orang pengen menghangatkan diri.

Meski belum bisa dipastiin hubungan dan mekanismenya, Nishiyama menduga mandi air anget di cuaca dingin menyebabkan tekanan darah turun drastis. Jadi fungsi jantung berkurang mendadak terus mengalami gangguan atau serangan jantung.

Selain mandi air hangat, aktivitas lain yang paling banyak dilakuin orang sebelum ngalamin serangan jantung, plen yaitu ‘tidur’. Olahraga malah nempatin urutan ketiga karena cuma beda 0,5 persen lebih sedikit dibandingkan mandi atau berendam dengan air anget.

Selain itu, serangan jantung juga lebih rentan terjadi sehabis mandi air anget daripada setelah olahraga kalau dilihat dari durasinya.

Dengan durasi yang sama, 54 dari 10 juta orang ngalamin serangan jantung setelah mandi air anget, sementara cuma 10 dari 10 juta orang mengalaminya setelah olahraga.

“Ada baiknya melakukan pencegahan dengan menghindari berendam di air hangat saat cuaca dingin, terutama bagi orang-orang yang memang punya masalah dengan jantung,” tulisnya dalam laporannya yang dimuat di Jurnal Resuscitation.

Wah, dari hal yang sepele, bisa jadi bencana yang besar kalau kita nggak hati-hati bertindak, ya.

Maka, plen, Yuk kita sama-sama saling mengingatkan, walaupun hal sepele, tapi dampaknya akan besar kalau kita mau mengamalkannya dan berbagi ke banyak orang.

Sekecil apapun yang kita lakukan buat orang lain, pasti ada balasannya kok dari Allah. Jangan pernah malu buat berbuat perubahan untuk umat.

Tapi ingat ya, bukan berarti kayak Joshua “dingin-dingin, dimandiin, nanti masuk angin…” terus kita nggak mandi gitu berhari-hari kalau cuacanya lagi dingin buangeeets kayak gini. Ya nggak, boleh lah sesekali pake air anget, tapi jangan tiap kali ke kamar mandi pake air anget, boros juga kali gas nya. Entar si Emak ngomel-ngomel pas mau masak, eh, ternyata gasnya abis gara-gara kita pake terus buat masak air buat mandi. Haha…

Ok, plen. Tetap jaga kesehatan ya!!!  

[Zahrotun Nissa, angkatan ke-3 SMA kelas 2 | @nissaniza98]

cuaca dingin februari karya santri mandi air hangat Nissa pesantren media serangan jantung zahrotun nissa

Penulis: 
author
Zahrotun Nissa, santriwati angkatan ke-3 jenjan SMA, kelas 2 | Asal Tegal, Jawa Tengah

Posting Terkait