Apakah Bisa Sehat dengan Obat?

949 views

By: chairunnisa

            Apakah kamu pernah sakit? Setiap orang pasti pernah sakit. Mulai dari sakit yang ringan sampai yang parah. Dan tentunya banyak dari orang yang sakit memilih untuk meminum obat agar penyakit yang di derita segera sembuh. Nah, apakah benar obat dapat menyembuhkan orang sakit.  Yuk simak artikel yang satu ini!

Obat adalah sebuah bahan yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit, mencegah penyakit, atau pun menghilangkan penyakitTapi tidak sedikit pula orang menggunakan obat sebagai bahan untuk memperelok tubuh. Misalnya, untuk melangsingkan tubuh, menaikan berat badan, meninggikan badan, dan sebagainya. Obat juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat orang masuk penjara. Karena obat tersebut disalah gunakan atau dipakai melebihi dosis yang telah ditentukan.

Obat ada dua jenis. Yaitu, obat herbal dan obat kimia. Obat herbal adalah obat yang komposisinya berasal dari tumbuh – tumbuhan yang penggunaannya tidak ada efek samping. Obat herbal baik digunakan untuk mencegah penyakit atau lebih tepatnya dikonsumsi sebelum penyakit sudah menyerang tubuh. Selain harganya yang tidak mahal, obat-obatan herbal juga mudah untuk ditemukanya. Atau pun biasanya kita dapat menemui di kebun-kebun atau halaman rumah yang ditanami dengan TOGA singkatan dari Tanaman Obat Keluarga.

Sedangkan obat kimia adalah obat yang komposisinya dengan zat-zat kimia yang berbahaya, dan efek sampinya lebih berbahaya seperti iritasi lambung dan hati, kerusakan ginjal efek samping dari obat ini juga bisa berupa efek langsung maupun tidak langsung dan obat kimia di komsumsi untuk penyakit-penyakit yang sudah akut. Berikut ini adalah perbedaan obat herbal dan obat kimia:

Obat kimiawi:

*  Obat kimia hanya menghilangkan gejala-gejalanya

* Reaksi dari obat kimia lebih cepat

*  merusak organ-organ tubuh yang lain jika terlalu lama mengkonsumsi obat kimia

 

  • obat herbal:

*  obat herbal menyembuhkan penyakit serta membetulkan fungsi organ-organ yang rusak

*  mencegah penyakit, pemulihan penyakit,

* memperbaiki organ-organ dan sel-sel yang rusak

 

Dari kedua perbedaan tersebut, memang ada orang yang tidak cocok menggunakan obat herbal, tetapi cocok dengan obat kimia ataupun sebaliknya.

Intinya,kita tetap bisa sehat tanpa obat jika kita teratur dalam pola hidup sehat. Karena menjaga kesehatan itu lebih penting dari pada harus meminum obat. Apalagi obat yang berbau obat kimia.  Karena kalau tubuh kita terlalu sering di masukan zat-zat yang seperti itu, akan merusak organ-organ yang lain. Dan tubuh kita  akan kecanduan obat-obat kimia. Lebih baik mencegah daripada mengobati.   [Chairunisa, Santri angkatan ke-2, jenjang SMA, Pesantren Media]

apakah bisa sehat dengan obat? artikel

author
Chairunisa Bayu Parameswari | Santriwati Pesantren MEDIA, angkatan ke-2, kelas 3 SMA.

Posting Terkait