Adab Membaca Al-Qur’an

533 views

Al-Quran adalah firman atau wahyu yang berasal dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara melalui malaikat jibril sebagai pedoman serta petunjuk bagi seluruh umat manusia. Alquran adalah kitab Allah SWT yang terakhir setelah kitab taurat, zabur dan injil yang diturunkan melalui para rasul.

Kita harus membaca Al-Qur’an dalam keadaan baik dan benar. Karena, Al-Qur’an adalah kitab suci, bukan sembarang buku yang bisa kita baca di mana saja dan dalam keadaan apapun. Berikut ini akan disebutkan adab-adab dalam membaca Al-Qur’an.

1. Ketika membaca Al-Qur’an, kita harus dalam kondisi suci. Baik suci pakaiannya, tempatnya, dan juga suci badannya. Dan kita juga disunnahkan sebelum membaca Al-Qur’an itu bersiwak atau sikat gigi terlebih dahulu.

2. Cari tempat yang sepi dan tenang dan juga waktu yang tepat. Supaya kita lebih khusyuk dalam membacanya.

3. Jangan menaruh Al-Qur’an di bawah.

4. Sebelum membaca Al-Qur’an, kita harus membaca ta’awudz terlebih dahulu. Allah berfirman:

an-nahl 98

Artinya:

“Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.” (Q.S An Nahl [16]: 98).

5. Baca basmallah disetiap awal surat atau disetiap kali ingin membaca Al-Qur’an, kecuali surat At-Taubah karena di surat itu banyak sekali menceritakan tentang azab Allah.

6. Perhatikan makhrojnya, shifat-shifat hurufnya dan hak-hak hurufnya.

7. Baca dengan tartil.

8. Menghiasi Al-Qur’an dengan suara kita.

Catatan ketika pelajaran Fiqih Keseharian yang dibimbing oleh Ustadz Rahmatullah. [Cylpa Nur Fitriani, santriwati jenjang SMP kelas 2 di Pesantren Media]

artikel karya santri

author
Cylpa Nur Fitriani | Santriwati Pesantren Media angkatan ke-2, jenjang SMP, kelas 3

Posting Terkait