#27 Proyek “Santri Gaul”

146 views

Beberapa santri Pesantren Media yang kreatif bersatu dan membentuk komunitas dakwah. Sebagai sarana mereka berdakwah sesuai minat dan keahliannya, dibuatlah channel Youtube dengan nama “Santri Gaul”. Namun, jangan kaget, ternyata ada banyak nama channel Youtube yang menggunakan nama tersebut. Maka, untuk mengetahui channel Youtube Santri Gaul sebagai dakwah kreativitas santri Pesantren Media, pastikan di link yang saya sertakan di akhir tulisan ini, ya.

Selain memanfaatkan Youtube, mereka juga memanfaatkan Instagram untuk berkreasi dalam dakwah sesuai minat mereka. Semoga upaya mereka berbuah kebaikan. Kami insya Allah selalu mendukung apapun yang dilakukan santri selama kreativitas tersebut berupa kebaikan dan sesuai dengan tuntunan akidah dan syariat Islam.

Di usianya, mereka memang butuh tempat sebagai muara ekspresi diri untuk memberi ruang bagi kreavitas mereka. Mereka memanfaatkan betul keterampilan bidang media yang sudah dipelajari (dari mulai menulis dasar, menulis skenario, desain grafis, fotografi, editing audio, editing video, dan teknik pengambilan gambar) sebagai pendukung untuk menyebarkan dakwah yang tsaqafahnya didapat dari pembelajaran selama di pesantren ini. Asyik, memang. Buktinya, mereka tetap bergairah dalam berkreasi dan berdakwah.

Moto yang mereka usung dalam menggarap proyek dakwahnya: “Gaul nggak harus maksiat, tapi harus dengan taat”. Dilihat dari penggarapannya sih cukup rapi. Kemasan menarik. Mereka punya jadwal rutin untuk menayangkan hasil kreasinya. Ada juga rapat pekanan untuk menentukan topik yang hendak diangkat. Bahkan saat ini, selama Ramadhan mereka membuat vlog Ramadhan, tentu saja dengan konten yang islami dan khas remaja dalam menyampaikannya. Ditayangkan setiap hari di Youtube dan Instagram. Semoga buah kreavitasnya dalam berdakwah diganjar pahala dan apa yang sudah disampaikan bermanfaat bagi kemaslahatan umat.

Bagi santri lainnya, adanya proyek dakwah “Santri Gaul” bisa menjadi sarana untuk bekreasi dan mencari inspirasi. Wadah lainnya yang udah sudah ada sejak lama adalah blog. Ya, ini blog resmi sebagai tempat untuk menampung hasil kreasi santri, khususnya dalam menulis, desain grafis, dan fotografi. Intinya, seluruh santri bisa berkarya melalui beragam teknik media yang menjadi minat terbesarnya.

Terus berkarya dalam dakwah kreatif yang dipilih. Jangan lupa, tetap belajar tsaqafah Islam dan juga mengembangkan terus kemampuan dalam bidang teknik media. Semangat menebar kebaikan dengan dakwah!

Salam,
@osolihin
Mudir Pesantren Media

Youtube
Instagram
Blog

channel youtube Inspirasi instagram percikan pesantren di bogor pesantren media santri santri gaul santri media sntrgaul

Penulis: 
author
O. Solihin adalah instruktur kelas Menulis Kreatif, Pengenalan Blog dan Website, serta Problem Anak Muda di Pesantren Media | Menulis beberapa buku remaja | Narasumber Program Voice of Islam | Blog pribadi: www.osolihin.net | Twitter: @osolihin

Posting Terkait