#21 Buku Karya Santri

200 views

Di Pesantren Media para santri sejak semester pertama mereka belajar menulis dasar. Bagi santri yang sudah memiliki keterampilan menulis sebelumnya tetap wajib belajar dengan sungguh-sungguh, apalagi yang belum. Menulis dasar ini penting karena santri akan belajar teknik media lainnya di semester pertama dan seterusnya yang syaratnya harus memiliki keterampilan menulis. Menulis dasar dipelajari selama 2 semester alias satu tahun. Saat kelas 2 (baik jenjang SMP maupun SMA) para santri sudah mulai belajar jurnalistik, skenario, dan copywriting sebagai pengembangan dari menulis dasar.

Berbarengan dengan belajar menulis dasar para santri sudah belajar teknik media lainnya, yakni pemrograman radio, fotografi, desain grafis, editing audio. Saat kelas 2 meningkat dengan pembelajaran editing video, website, animasi dan mengerjakan beragam tugas serta proyek khusus dari gurunya. Nah, termasuk menulis buku. Santri yang berminat menulis akan diarahkan untuk menulis lebih serius dengan mengerjakan proyek membuat buku.

Sampai saat ini proyek buku yang berhasil dibuat ada 3 buku. 1 sudah diterbitkan dan 2 belum diterbitkan. Buku pertama dan sudah diterbitkan adalah karya bersama dalam antologi cerpen berjudul “Cinta Tiga Wanita”. Buku kedua juga kumpulan cerpen, judulnya “Rahasia Kebun Selatan”. Buku ketiga genre nonfiksi, judulnya “Celoteh Santri: Asem-Pahit-Manis di Pesantren”. Buku kedua dan buku ketiga masih menunggu diterbitkan. Masih ada proyek bersama lagi untuk membuat buku, dan insya Allah segera menyusul. Saat ini masih belum rampung.

Karya santri lainnya tersebar banyak di blog dan channel youtube. Di blog memang lebih banyak karya tulisan, selain tentunya ada karya fotografi dan desain grafis. Sementara di channel youtube adalah video berupa film dokumenter, film pendek (fiksi) dan juga praktek jurnalistik video. Santri memang dituntut untuk terus berkarya, baik selama menjadi santri maupun setelah lulus. Mengapa begitu? Tujuannya sebagai bagian dari memunculkan dan memantapkan karakter dai bidang media atau setidaknya tenaga kreatif yang handal untuk mendukung dakwah melalui media. Harapannya begitu, walau tentu tidak semua santri dan alumni bisa mewujudkannya tersebab berbagai kendala.

Semoga karya buku ini bisa memberikan manfaat bagi kemaslahatan umat. Bagi para santri, tetap semangat berkarya!

Salam,

@osolihin

Mudir Pesantren Media

INFO Pembelian buku “Cinta Tiga Wanita”: https://pesantrenmedia.com/sudah-terbit-cinta-tiga-wanita/

buku Inspirasi karya santri percikan pesantren media santri

Penulis: 
author
O. Solihin adalah instruktur kelas Menulis Kreatif, Pengenalan Blog dan Website, serta Problem Anak Muda di Pesantren Media | Menulis beberapa buku remaja | Narasumber Program Voice of Islam | Blog pribadi: www.osolihin.net | Twitter: @osolihin

Posting Terkait